Ujian Masuk pasca sarjana teknik mesin

Persyaratan

  1. Syarat umum bagi calon peserta Program Studi S2 Teknik Mesin Program Pascasarjana Univerisitas Gadjah Mada adalah :
    • Sarjana S1 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang disahkan oleh negara. Berlatar belakang pendidikan profesi dari disiplin-disiplin ilmu teknik mesin atau memenuhi persyaratan akademis yang diperlukan untuk mengikuti perkuliahan S2 Teknik Mesin. Mendapatkan rekomendasi dari dua dosen S1, sedapat mungkin dosen pembimbing akademik S1. Mengajukan surat pernyataan yang berisi maksud dan tujuan mengikuti program S2. Berbadan sehat dengan keterangan dokter.
    • Dibebaskan dari tugas pokok.
  2. Lulus ujian kualifikasi yang meliputi pengetahuan tentang Termodinamika, Perpindahan Kalor dan Massa, Mekanika Fluida, Ilmu Bahan, Mekanika Bahan Dasar dan Matematik.

Prosedur Pendaftaran Lamaran menjadi mahasiswa diajukan secara tertulis oleh calon atau instansi/lembaga pengirim dengan mengisi blanko isian yang tersedia, dialamatkan kepada Direktur Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Surat lamaran dilampiri (masing-masing rangkap dua):

  1. Salinan ijazah sarjana dan transkrip akademik asli Program S1..
  2. Surat pernyataan dari pimpinan lembaga bahwa mahasiswa bersangkutan akan dibebaskan dari tugas pokok.
  3. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program S2.
  4. Curiculum Vitae.
  5. Surat keterangan jaminan pembayaran studi dari sponsor.
  6. Surat keterangan sehat dokter.
  7. Bukti pembayaran biaya administrasi pendaftaran Rp. 100.000,00 (lewat rekening Direktur Program Pascasarjana UGM nomor 007002001 di BNI 1946 cabang UGM).
  8. Amplop berperangko dengan alamat calon mahasiswa untuk pemberitahuan penerimaan / hasil seleksi.