Kartun Riwayat Peradaban
Jilid III
(dari bangkitnya Arab hingga Renaissance)

Apabila anda selama ini setuju dengan stigma yang mengatakan bahwa komik adalah bacaan kacangan dan tidak mendidik untuk anak, sekaranglah waktunya untuk membanting sampai berkeping-keping gagasan itu. Larry Gonick membuat terobosan luar biasa dengan mengkawinkan komik dan kisah sejarah peradaban manusia. Dengan gayanya yang kocak, kita akan dibawa melewati rentang jaman yang panjang sambil terbahak-bahak oleh gaya humornya yang khas dan kadang sinis.
Sebenarnya ada tiga jilid peradabaan ini, kebetulan yang dimilik baru jilid III ini. Buku ke-3 ini mengisahkan awal tumbuhnya Arab sampai masaa renaissance di Eropa. Memotret juga peradaban Cina, India dan Asia pada umumnya.
Anda musti mengkoleksinya untuk referensi sejarah secara global. Meskipun bagus, Larry sendiri melakukan tafsiran-tafsiran yang berbahaya tentang motif dan latar belakang suatu kejadian. Saya juga curiga, apakah Larry ini Yahudi. Tapi apalah itu toh ini memang bukan referensi sejarah yang serius, meskipun harus diakui dia cukup cermat dalam detail. Buku ini diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia.